Tuesday 2 October 2012

New Media

Pada Blog ini saya akan membahas :

1.      Definisi New Media
2.      Pandangan New Media
3.      Manfaat dan Kekurangan New Media
4.      Komponen New Media
5.      Aplikasi New Media

1.      Definisi New Media

Kata media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi. Yang artinya New Media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”. Istilah New Media sebenarnya baru muncul di akhir abad ke 20, digunakan untuk menyebut media baru yang menggabungkan berbagai media konvensional di Internet. Teknologi yang digambarkan sebagai New Media mempunyai ciri digital, sering mempunyai karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak.

Media Baru menyodorkan kemungkinan-permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten media.

Media baru juga sebagai alat untuk perubahan social Gerakan Sosial Media memiliki  sejarah yang kaya dan lantai yang telah berubah dengan kecepatan tinggi sejak New Media menjadi banyak digunakan.

2.      Pandangan New Media 

Menurut saya dengan semakin berkembang pesatnya teknologi informasi. New Media sebagai perantara baru untuk mengakses informasi apapun baik itu dunia olah raga, berita-berita dll dapat kita akses dengan mudah dengan adanya internet sebagai media untuk browsing dan dengan adanya internet kita bisa mengakses situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll

Disamping banyak keuntungan yang kita dapat New Media juga dapat memberikan dampak negatif pada masyarakat misalnya akibat dari situs jejaring sosial seseorang akan ketagihan berinteraksi lewat dunia maya dan kurang berinteraksi dengan masyarakat sekitar, dan internet juga sering dipergunakan ke arah yang tidak baik sehingga new media dapat mengubah kehidupan seseorang, itu kembali lagi pada diri kita masing-masing.

3.      Manfaat dan Kekurangan New Media

Manfaat :
  • Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja
  • Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering dengar sebagai online shop.
  • Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video, dll.
  • Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya tersebut bisa lebih diminimalisir.
Kekurangan :
  • Rawan akan pencurian data, karena data dikirimkan secara online otomatis semua orang bisa mengakses hal tersebut. Contohnya saja hacker yang selalu saja bisa membobol privasi seseorang dan mencuri data data pentingnya.
  • Virus, tidak dapat dipungkiri hal yang satu ini adalah yang paling sering ditemukan. Contohnya dengan mengirimkan aplikasi aplikasi yang tidak dikenal oleh user, ditambah dengan sikap penasaran si user tersebut untuk mencoba aplikasi tersebut yang ternyata adalah sebuah virus komputer.
  • Sifat malas, dengan mudahnya untuk mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita akan merasa malas untuk berpergian, karena semua tugas, pekerjaan semua bsia diakses dan dikerjakan secara online. Jadi hanya tinggal duduk di depan komputer dan mengerjakan tugas -tugas tersebut dan akan lebih cepat selesai tentunya.
4.      Komponen New Media 

Komponen dalam new media terdiri dari tiga buah, yaitu:
  • Produsen -> Yaitu sebagai pembuat new media itu sendiri. Produsen disini membuat   New Media berdasarkan kebutuhan yang sedang berkembang dalam masyarakat saat ini.
  • Distributor -> Yaitu sebagai penyalur New Media dari pihak produsen ke pihak konsumen.
  • Konsumen -> Yaitu sebagai pemakai New Media yang telah jadi dan siap untuk berguna bagi masyarakat. Konsumen inilah yang akan menilai apakah New Media tersebut akan cocok dengan kebutuhan saat ini atau tidak.
         contohnya: Handphone, Internet dan Komputer
5.      Aplikasi New Media
  • Facebook, adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain.
  • Youtube, adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online.  YouTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebanyakan YouTube di video-kan dalam bentuk lisan oleh authornya.
  • Wikipedia, merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi  oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia.
  • Twitter, adalah jejaring sosial berbasis internet yang digunakan oleh para pengguna internet  untuk berkomunikasi dengan banyak orang yang radius jangkauannya bukan hanya satu daerah, satu kota, atau satu negara saja, namun sudah mendunia atau bisa diakses oleh  siapapun dalam belahan duna manapun selama jaringan internetnya dapat diakses.


Sumber : 
http://en.wikipedia.org/wiki/New_media 
http://arif12v21lutfhan.blogspot.com/2011/10/new-media.html
http://dimbodim.blogspot.com/2010/11/manfaat-dan-kekurangan-new-media.html
http://ichulll.wordpress.com/2010/10/30/aplikasi-new-media-beserta-konten-dan-fungsinya/

2 comments: