- Pembicara : Dwi Mahendra (Bidang Pengembangan Telekomunikasi PT XL Axiata)
- Joko Siswanto (Praktisi Core System Telecommunication)
Tempat : Ruang Auditorium Gedung 4 Lantai 6 Kampus Depok (D462)- Jalan Margonda Raya, Depok
Tanggal/Hari : Sabtu 11 Oktober 2014
Pada postingan kali ini saya akan mengulas kembali secara ringkas mengenai seminar yang saya ikuti di Universitas saya sendiri yaitu Universitas Gunadarma
Secara Bahasa “Mobile Computing” berarti “Mobile” yang bermakna suatu alat (tools) yang dapat dibawa dalam berbagai tempat & waktu (flexible), sedangkan “Computer” bermakna suatu alat komputasi yang dapat mengolah, menyimpan, dan memanipulasi data. Sehingga Mobile Computing adalah suatu alat komputasi yang dapat dimobilisasi dalam berbagai kegiatan aktifitas sehari-hari atau dengan kata lain penggabungan teknologi “Mobile” dan “Computer” dalam Embedded System (Sistem yang tertanam).
Semakin meningkatnya perkembangan zaman dan teknologi, pada saat ini hampir semua kalangan masyarakat menggunakan smartphone yang canggih dengan berbagai fitur yang lebih canggih, seperti layar touchscreen, kamera dengan high quality, jaringan berteknologi nirkabel hingga fiber optic, serta aplikasi-aplikasi yang lebih canggih yang terdapat dalam device tersebut seperti GPS, bluetooth, Wireless, I-Cloud, dsb. Sehingga device ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan di lain tempat. Selain itu pengguna juga dapat meremote device tersebut dari jarak jauh dan memudahkan semua orang untuk berkomunikasi atau menjelajah dunia internet melalui smartphone untuk mengakses informasi-informasi yang terupdate.
Mobile Computing juga sudah banyak digunakan diberbagai bidang yang diantaranya perbankan, pendidikan, perekonomian, pemerintahan, dsb.
Komentar :
Kelebihan :
- Memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi yang terupdate dimana saja
- Memudahkan Pekerjaan sehingga lebih cepat,effisien dan dapat dikerjakan dimanapun.
Kekurangan :
- Pada masyarakat akan ketergantungan terhadap teknologi
- Anak-anak banyak menggunakan gadget untuk bermain game sehingga belajarpun terabaikan
- Lebih banyak bersosialisasi pada akun sosial dibandingkan bersosialisasi dengan masyarakat
- Semakin sering menggunakan gadget akan mempengaruhi terhadap kesehatan seperti mata
0 comments:
Post a Comment